3 Cara Agar Keuangan Kita Tetap Kokoh saat Wabah Covid-19

Covid-19 yang mewabah sejak akhir 2019 menimbulkan banyak permasalahan serius ditambah beberapa keputusan pemerintah Indonesia yang dianggap kurang tepat. Selain utang yang bertambah besar, Indonesia juga memiliki jumlah pengangguran lebih banyak karena banyak perusahaan terpaksa merumahkan sebagian besar karyawan mereka.

3 Cara Agar Keuangan Kita Tetap Kokoh saat Wabah Covid-19
Semua harus dipersiapkan dengan baik/freepik.com

Banyak orang yang meremehkan Covid-19 yang pertama kali terdeteksi dari Wuhan, Cina pada Desember 2019. Mereka mengira bahwa Corona Virus Disease 2019 tidak akan menyerang Indonesia. Namun virus tersebut menjadi wabah yang membuat pemerintah Indonesia serba salah dalam mengeluarkan keputusan terbaik untuk rakyatnya.

Wabah yang belum bisa dikendalikan ini menjadi salah satu penyebab jutaan orang kehilangan kehilangan dan pekerjaan mereka. Belum lagi bila kita membicarakan pemasukan yang lebih sedikit dari biasanya.

Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa memperkuat keuangan kita kala pandemi ini masih melanda?

1. Bisnis Online

Menurut situs Statista (20/5), sekitar 202,6 juta jiwa adalah pengguna internet di Indonesia yang sesuai waktunya selama 8 jam 56 menit. Facebook menjadi media sosial paling sering digunakan dalam waktu 3 bulan terakhir. Artinya, sekitar 75% orang Indonesia tidak mampu menggunakan internet.

Jika waktu berjam-jam digunakan untuk mencari uang halal di internet maka tentu akan menambah pemasukan kamu.

Usaha bisa dilakukan secara online/freepik.com

Kamu dapat menggunakan internet untuk mendapatkan uang dengan cara menjual, menawarkan jasa, atau menerbitkan karya hebat kamu berupa video maupun bermanfaat.

Berjualan juga tidak melulu harus memiliki stok barang. Dengan sistem dropship, kamu mempromosikan produk orang lain dengan harga yang kamu tentukan lalu kamu mendapatkan bayaran atau komisi tiap barang yang terjual.

2. Menabung

Dari dulu, menabung menjadi salah satu cara mengumpulkan uang dan harta agar kamu tetap bertahan dalam hidup ini. Berapapun pemasukan yang kamu dapatkan, jangan lupa sisihkan sebagian uang kamu di bank, investasi emas atau reksadana. Tabung juga uang kamu untuk dana darurat untuk kebutuhan kamu tak terduga.

3. Menghemat

Menahan diri untuk melakukan tidak mengeluarkan uang demi sesuatu yang tidak berguna merupakan sikap sikap bijaksana yang harus kamu lakukan. Betapa susahnya mencari uang baru saat pandemi belum hilang, menjadi siapapun termasuk kamu harus berhemat.

Berhemat itu tidak susah dan tidak pula menyusahkan/freepik.com

Entah kapan Covid-19 angkat kaki dari dunia ini. Bagaimana pun juga, kita harus menjaga diri kita dan orang-orang terdekat kita dari penyakit dan virus apapun. Hidup sehat dan kokoh adalah keinginan kita semua, bukan?